MENGAPLIKASIKAN PEMANFAATAN E-LEARNING
Uraian Materi
Aplikasi pengelolaan pembelajaran sering juga disebut sebagai Learning
Management System (LMS) yang disebut Moodle. Moodle merupakan
perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning yaitu
program komputer yang dibangun untuk melayani pembelajaran berbasis TIK
berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan.
1. Persiapan
Course
E-learning persiapan materi dibuat terorganisir dalam format digital
berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt), gambar (jpg,
gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf, gif). Persiapan
materi pelajaran pada e-learning menggunakan silabus yang telah dibuat serta
memerlukan program mapping. Program mapping ini bertujuan untuk memudahkan teacher
dalam melakukan pengeditan pada course.
2. Edit
Profil User
1. Login dengan
memasukkan username dan password yang telah dibuat atau diberikan oleh admin
2. Setelah login
berhasil, di sebelah kanan atas akan tampil nama username
3. Selanjutnya akan
muncul tampilan layar personal profile. Kemudian klik-lah tab edit
profile.
4. Setelah selesai
mengubah profil, klik update profile yang terletak pada bagian bawah
halaman tersebut.
Setting Course
Setelah terdaftar sebagai pengguna biasa, seseorang dapat diangkat
menjadi Teacher (guru) oleh Admin
Edit Course Settings
1. Masuk ke dalam
course yang dipilih atau yang baru dibuat.
2. Klik setting pada
menu Administration yang terletak pada sisi kiri tampilan course
3. Setelah setting
tersebut di klik maka akan keluar tampilan seperti berikut:
4. Isi Full name dengan
nama course (mata pelajaran) yang dikehendaki.
5. Isi Short name.
Short name tersebut merupakan nama singkat dari Full name sebuah course
6. Jika course akan
diberi nomor ID, maka isilah Course ID number sesuai dengan yang
dikenhendaki.
7. Isilah kolom Summary
dengan deskripsi course yang dibuat.
8. Pada kolom Format
terdapat 6 pilihan. Pilihlah Topics format atau Weekly format.
9. Pada kolom Number
of weeks/topics, pilihlah nominal sesuai dengan yang dikehendaki dan pada
kolom Course start date
10. Pada kolom Hidden
sections, pilihlah Hidden sections are shown in collapse form, Pada
kolom News item to show, pilihlah nominal sesuai dengan yang
dikehendaki.
Membuat Group pada Course
Seorang guru dapat mengatur siswa dalam kelompok-kelompok dalam kursus,
mata pelajaran atau dalam aktivitas tertentu
Setting grup/kelompok
pada kursus/Mata pelajaran
a) Masuk ke dalam
kursus yang ingin dibagi dalam kelas atau kelompok
b) Pastikan setting
editing menjadi “ON” dengan meng-klik “turn editing on” menjadi “turn
editing off”
c) Lalu Klik
“Settings” pada administrasi kursus seperti gambar di atas.
d) Kemudian akan
muncul gambar “Edit Course Setting” seperti tampilan dibawah ini.
e) Group mode dikelompokkan
menjadi 3 yaitu : Tidak ada grup (No group), kelompok yang terpisah (Separate
Group) berarti siswa hanya pada kelompok yang sama dapat melihat dan
berpartisipasi dalam diskusi dalam forum tertentu tetapi tidak bisa
berinteraksi atau melihat forum diskusi kelas lain dalam satu Course/Mata
Pelajaran
f) Lalu pilih
“Yes” pada area force. Hal ini untuk membuat atau mengatur kelompok menjadi terpisah pada semua aktifitas (tanpa
perlu satu persatu aktifitas).
g) Default Grup
dipilih none, agar awal pembuatan aktiftas masih berstatus tidak ada grup.
h) Simpan
Perubahan setting kursus tesebut dengan meng-klik “savechanges”. kembali ke
tampilan awal kursus atau mata pelajaran.
3. Cara
Mendaftar ke Course dan Grup Course Melalui Upload File
1) Persiapkan file
yang dibuat melalui Microsoft Excel dengan format sebagai berikut:
2) Simpan file diatas
menggunakan ‘Save As > Other Format’.
3) Masukkan nama file
dan pilih ‘save as type’ CSV (Comma Delimited
4). Klik ‘OK’, kemudian muncul peringatan berikut dan klik ‘Yes’
5). Setelah file berhasil disimpan, kemudian kembali ke Moodle dan
lakukan langkah berikut.
Langkah selanjutnya hanya dapat dilakukukan oleh Admin
6) Login sebagai Admin, kemudian melalui menu Administration masuklah ke
“User >> Account >> Upload User”, kemudian muncul layar
sebagai berikut.
7). Browse” file *.csv yang
tadi telah dibuat
8) Ubahlah “CSV delimiter” menjadi “;” seperti gambar
diatas kemudian klik “Upload users”
9) Apabila muncul tampilan Upload Users Preview, maka proses
upload dapat dilanjutkan,
10) Setelah muncul
tampilan Upload Users Preview, ubah setting Upload type menjadi “Update
existing user only”
11) Apabila proses
upload berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik “Continue”
untuk melanjutkan proses lainnya.
Langkah berikut dilakukan
untuk mendaftarkan siswa kedalam grup yang telah dibuat.
12) Untuk mendaftarkan user kedalam grup tertentu pada satu kelas, maka dapat
ditambahkan kolom dengan judul group1 pada file *.csv seperti tampilan
berikut
13) Kemudian upload file tersebut dengan mengikuti langkah 2 sampai
langkah 11
4.Penambahan
Resource
Ada dua cara memasukkan materi pelajaran ke dalam situs web e-learning
sekolah, pertama yaitu dengan cara mengetikkan materi yang akan
diajarkan langsung ke dalam situs web (file HTML) dan kedua dengan
meng-upload materi yang sudah ada atau telah dibuat sebelumnya dalam bentuk
file word, powerpoint, pdf, dan lain-lain.
a) Insert a
label/label :merupakan fungsi memasukkan teks atau gambar yang langsung ditampilkan
di kotak topik dan dapat digunakan sebagai deskripsi/ringkasan utama materi.
b) Compose a text page/halaman teks :merupakan
fungsi untuk membuat halaman teks yang akan ditampilkan dapat diketik langsung
atau “copy &
c) Compose a web
page/halaman web : mempunyai fungsi hampirs sama dengan halaman teks, dan bisa diformat,
ditambah gambar, dan link
d) Link to a file or
web site/link ke file atau web site : merupakan fungsi untuk memberikan link ke file yang sudah di-upload
atau ke internet.
e) Display a
directory/direktori : merupakan fungsi untuk menampilkan seluruh file dalam suatu direktori
f) Add an IMS content
package/paket IMS : merupakan fungsi untuk menambah paket IMS (instructional management
system)
Beberapa cara memasukkan materi/resource ke dalam
situs web elearning sekolah antara lain:
a. Insert a Label
Label hanya berupa text dan grafis, dimana materi teks dan gambar
akan digabungkan dan ditampilkan langsung pada materi pembelajaran di halaman utama
mata pelajaran.
Langkah-langkah menambahkan label dalam course:
1) Pada menu “Add
a resource…” pilih “Insert a label”, kemudian akanmuncul form
seperti pada tampilan berikut
2) Kemudian untuk
membuat label pada suatu halaman course dapat mengetikkan langsung pada form
label dan memanfaatkan fungsi toolbar untuk menambahkan gambar, table, link,
ataupun membuat teks berformat
3) Untuk menambahkan
gambar pada label dalam materi pilih icon “insert image”.
4) Pilih () dan klik file
gambar yang tersedia hingga muncul “image url” nya atau apabila gambar
belum tersedia maka perlu di-upload terlebih dahulu, klik “browse” kemudian
“upload”, dan pilih gambar yang telah diupload tersebut.
5) Ketikkan nama
gambar pada “alternate text”, kemudian klik“ok”
6) Kemudian pada form
yang sama isilah deskripsi/ringkasan materi yang akan diberikan untuk siswa,
kemudian “save and return to course”. Maka akan muncul tampilan label
pada course seperti berikut
b. Link to a file or
website/Link ke file atau web site
Langkah-langkah membuat
link materi adalah:
1. Klik tombol “Turn
editing on”
2.
Klik bagian “Add a resource” pada panel utama, akan muncul
tipe/format bahan ajar yang ingin dibuat, pilih “Link to a file or website”.
Setelah itu akan muncul tampilan halaman form “Adding a new Resource to
week…”
3.
Pada halaman “Adding a new resources” isi nama/judul materi pelajaran
pada form “Name”. Kemudian pada form “Summary” isilah dengan
penjelasan/ringkasan deskripsi materi pelajaran
4.
Pada form “location” dapat diisi dengan alamat website suatu materi yang
akan ditampilkan atau apabila ingin menambahkan materi dari file yang tersedia
maka perlu di-upload.
5.
Untuk meng-upload file, klik tombol “Choose or upload a file” untuk
memilih file yang akan di-upload.
6.
Apabila file belum tersedia klik tombol “Upload File”, kemudian
akan muncul halaman untuk meng-upload file. Tekan “Browse” untuk memilih
file pada explorer lalu pilih materi yang akan di-upload, lalu tekan open.
Setelah itu tekan tombol “Upload this file” untuk mengupload file.
7)
Kemudian pilih () materi yang akan ditampilkan dan klik pada link “choose” pada
file yang telah diupload tersebut
8) Apabila file sudah tersedia langsung pilih () materi yang akan
ditampilkan dan klik link “Choose” untuk memilih file yang sudah
tersedia, kemudian akan kembali ke halaman “Adding new resources” dan klik “Save
Changes”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar