Sabtu, 15 April 2017

RESUME MODUL F PEDAGOGIK KP.6





MENGAPLIKASIKAN PEMANFAATAN E-LEARNING

Uraian Materi

Aplikasi pengelolaan pembelajaran sering juga disebut sebagai Learning Management System (LMS) yang disebut Moodle. Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning yaitu program komputer yang dibangun untuk melayani pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan.

1. Persiapan Course
E-learning persiapan materi dibuat terorganisir dalam format digital berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt), gambar (jpg, gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf, gif). Persiapan materi pelajaran pada e-learning menggunakan silabus yang telah dibuat serta memerlukan program mapping. Program mapping ini bertujuan untuk memudahkan teacher dalam melakukan pengeditan pada course.

2.  Edit Profil User
1.    Login dengan memasukkan username dan password yang telah dibuat atau diberikan oleh admin
2.    Setelah login berhasil, di sebelah kanan atas akan tampil nama username
3.    Selanjutnya akan muncul tampilan layar personal profile. Kemudian klik-lah tab edit profile.
4.    Setelah selesai mengubah profil, klik update profile yang terletak pada bagian bawah halaman tersebut.

Setting Course
Setelah terdaftar sebagai pengguna biasa, seseorang dapat diangkat menjadi Teacher (guru) oleh Admin

Edit Course Settings
1.    Masuk ke dalam course yang dipilih atau yang baru dibuat.
2.    Klik setting pada menu Administration yang terletak pada sisi kiri tampilan course
3.    Setelah setting tersebut di klik maka akan keluar tampilan seperti berikut:
4.    Isi Full name dengan nama course (mata pelajaran) yang dikehendaki.
5.    Isi Short name. Short name tersebut merupakan nama singkat dari Full name sebuah course
6.    Jika course akan diberi nomor ID, maka isilah Course ID number sesuai dengan yang dikenhendaki.
7.    Isilah kolom Summary dengan deskripsi course yang dibuat.
8.    Pada kolom Format terdapat 6 pilihan. Pilihlah Topics format atau Weekly format.
9.    Pada kolom Number of weeks/topics, pilihlah nominal sesuai dengan yang dikehendaki dan pada kolom Course start date
10.     Pada kolom Hidden sections, pilihlah Hidden sections are shown in collapse form, Pada kolom News item to show, pilihlah nominal sesuai dengan yang dikehendaki.

Membuat Group pada Course
Seorang guru dapat mengatur siswa dalam kelompok-kelompok dalam kursus, mata pelajaran atau dalam aktivitas tertentu
Setting grup/kelompok pada kursus/Mata pelajaran
a)    Masuk ke dalam kursus yang ingin dibagi dalam kelas atau kelompok
b)   Pastikan setting editing menjadi “ON” dengan meng-klik “turn editing on” menjadi “turn editing off
c)    Lalu Klik “Settings” pada administrasi kursus seperti gambar di atas.
d)   Kemudian akan muncul gambar “Edit Course Setting” seperti tampilan dibawah ini.
e) Group mode dikelompokkan menjadi 3 yaitu : Tidak ada grup (No group), kelompok yang terpisah (Separate Group) berarti siswa hanya pada kelompok yang sama dapat melihat dan berpartisipasi dalam diskusi dalam forum tertentu tetapi tidak bisa berinteraksi atau melihat forum diskusi kelas lain dalam satu Course/Mata Pelajaran
f) Lalu pilih “Yes” pada area force. Hal ini untuk membuat atau mengatur kelompok   menjadi terpisah pada semua aktifitas (tanpa perlu satu persatu aktifitas).
g) Default Grup dipilih none, agar awal pembuatan aktiftas masih berstatus tidak ada grup.
h) Simpan Perubahan setting kursus tesebut dengan meng-klik “savechanges”. kembali ke tampilan awal kursus atau mata pelajaran.

3. Cara Mendaftar ke Course dan Grup Course Melalui Upload File

1)   Persiapkan file yang dibuat melalui Microsoft Excel dengan format sebagai berikut:
 
  2)   Simpan file diatas menggunakan ‘Save As > Other Format’.
3)   Masukkan nama file dan pilih ‘save as type’ CSV (Comma Delimited
  
 

4). Klik ‘OK’, kemudian muncul peringatan berikut dan klik ‘Yes’

 
5). Setelah file berhasil disimpan, kemudian kembali ke Moodle dan lakukan langkah   berikut.

 Langkah selanjutnya hanya dapat dilakukukan oleh Admin
6) Login sebagai Admin, kemudian melalui menu Administration masuklah ke “User >> Account >> Upload User”, kemudian muncul layar sebagai berikut.
  
 
7). Browse” file *.csv yang tadi telah dibuat
8) Ubahlah “CSV delimiter” menjadi “;” seperti gambar diatas kemudian klik “Upload users”
9) Apabila muncul tampilan Upload Users Preview, maka proses upload dapat dilanjutkan,
10) Setelah muncul tampilan Upload Users Preview, ubah setting Upload type menjadi “Update existing user only”
11) Apabila proses upload berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik Continue” untuk melanjutkan proses lainnya.
  
 
Langkah berikut dilakukan untuk mendaftarkan siswa kedalam grup yang telah dibuat.
12) Untuk mendaftarkan user kedalam grup tertentu pada satu kelas, maka dapat ditambahkan kolom dengan judul group1 pada file *.csv seperti tampilan berikut

 
 13) Kemudian upload file tersebut dengan mengikuti langkah 2 sampai langkah 11


4.Penambahan Resource
Ada dua cara memasukkan materi pelajaran ke dalam situs web e-learning sekolah, pertama yaitu dengan cara mengetikkan materi yang akan diajarkan langsung ke dalam situs web (file HTML) dan kedua dengan meng-upload materi yang sudah ada atau telah dibuat sebelumnya dalam bentuk file word, powerpoint, pdf, dan lain-lain.

a)    Insert a label/label :merupakan fungsi memasukkan teks atau gambar yang langsung ditampilkan di kotak topik dan dapat digunakan sebagai deskripsi/ringkasan utama materi.
b)    Compose a text page/halaman teks :merupakan fungsi untuk membuat halaman teks yang akan ditampilkan dapat diketik langsung atau “copy &
c)    Compose a web page/halaman web : mempunyai fungsi hampirs sama dengan halaman teks, dan bisa diformat, ditambah gambar, dan link
d)   Link to a file or web site/link ke file atau web site : merupakan fungsi untuk memberikan link ke file yang sudah di-upload atau ke internet.
e)    Display a directory/direktori : merupakan fungsi untuk menampilkan seluruh file dalam suatu direktori
f)   Add an IMS content package/paket IMS : merupakan fungsi untuk menambah paket IMS (instructional management system)

Beberapa cara memasukkan materi/resource ke dalam situs web elearning sekolah antara lain:
a.   Insert a Label
Label hanya berupa text dan grafis, dimana materi teks dan gambar akan digabungkan dan ditampilkan langsung pada materi pembelajaran di halaman utama mata pelajaran.

Langkah-langkah menambahkan label dalam course:
1)      Pada menu “Add a resource…” pilih “Insert a label”, kemudian akanmuncul form seperti pada tampilan berikut
2)      Kemudian untuk membuat label pada suatu halaman course dapat mengetikkan langsung pada form label dan memanfaatkan fungsi toolbar untuk menambahkan gambar, table, link, ataupun membuat teks berformat
3)      Untuk menambahkan gambar pada label dalam materi pilih icon “insert image”.
4)   Pilih () dan klik file gambar yang tersedia hingga muncul “image url” nya atau apabila gambar belum tersedia maka perlu di-upload terlebih dahulu, klik “browse” kemudian “upload”, dan pilih gambar yang telah diupload tersebut.
5)   Ketikkan nama gambar pada “alternate text”, kemudian klik“ok”
6)   Kemudian pada form yang sama isilah deskripsi/ringkasan materi yang akan diberikan untuk siswa, kemudian “save and return to course”. Maka akan muncul tampilan label pada course seperti berikut

b.  Link to a file or website/Link ke file atau web site
Langkah-langkah membuat link materi adalah:
1.     Klik tombol “Turn editing on”
2.        Klik bagian “Add a resource” pada panel utama, akan muncul tipe/format bahan ajar yang ingin dibuat, pilih “Link to a file or website”. Setelah itu akan muncul tampilan halaman form “Adding a new Resource to week…”
3.        Pada halaman “Adding a new resources” isi nama/judul materi pelajaran pada form “Name”. Kemudian pada form “Summary” isilah dengan penjelasan/ringkasan deskripsi materi pelajaran
4.        Pada form “location” dapat diisi dengan alamat website suatu materi yang akan ditampilkan atau apabila ingin menambahkan materi dari file yang tersedia maka perlu di-upload.
5.        Untuk meng-upload file, klik tombol “Choose or upload a file” untuk memilih file yang akan di-upload.
6.        Apabila file belum tersedia klik tombol “Upload File”, kemudian akan muncul halaman untuk meng-upload file. Tekan “Browse” untuk memilih file pada explorer lalu pilih materi yang akan di-upload, lalu tekan open. Setelah itu tekan tombol “Upload this file” untuk mengupload file.
7)        Kemudian pilih () materi yang akan ditampilkan dan klik pada link “choose” pada file yang telah diupload tersebut
8)      Apabila file sudah tersedia langsung pilih () materi yang akan ditampilkan dan klik link “Choose” untuk memilih file yang sudah tersedia, kemudian akan kembali ke halaman “Adding new resources” dan klik “Save Changes”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar