MENGAPLIKASIKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Uraian Materi
Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media yang berupa teks,
gambar, grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll.yang telah dikemas
menjadi file digital (komputerisasi) dan digunakan untuk menyampaikan pesan
kepada publik
Komponen
Multimedia
1. Multimedia Pembelajaran
Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Kategori multimedia linier
Media yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna,contoh: TV dan film
Ciri-ciri :
1) Sederhana
2) Bersifat logical
3) Ideal untukproduk yg kecil
b. multimedia
interaktif
Media yang dilengkapi dengan alat pengontrol
yang dapat dioperasikan oleh pengguna,contoh: game, multimedia.
Ciri-ciri :
1) Bersifat
non-linear
2) Ada unsur
interaktif didalamnya
3) Pengguna
menentukan apa,kapan & bagaimana konten
2. Model-Model Pengembangan Pembelajaran
Fungsi
model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi perancang pengajar dan para guru
dalam melaksanakan pembelajaran, Trianto (2010).
a. Bentuk Pengembangan
Menurut Rusman, (2005) bentuk-bentuk pengembangan pemanfaatan multimedia
interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran dapat berupa
1) Model Drills,
tahapan Materi Model Drill : (a) penyajian masalah-masalah dalam bentuk latihan
soal pada tingkat tertentu dari penampilan peserta didik; (b) peserta didik
mengerjakan latihan soal; (c) program merekam penampilan peserta didik,
mengevaluasi, memberikan umpan balik.
2) Model Tutorial, dalam
program pembelajaran multimedia interaktif ditujukan sebagai pengganti manusia,
diberikan berupa teks atau grafik ada layar yang telah menyediakan poin-poin
pertanyaan atau permasalahan.
3) Model Simulasi,
strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman secara kongkret
melalui penciptaan tiruan-tiruan yang mendekati suasana sebenarnya dan
berlangsung dalam suasana yang tanpa
resiko.
4). Model
Instructional Games, tujuan Model Instructional Games adalah untuk
menyediakan suasana/lingkungan yang memberikan fasilitas belajar yang menambah
kemampuan peserta didik
c. Tahapan
Pengembangan
Pustekkom (2007) mengemukakan
beberapa tahapan dalam pengembangan
multimedia pembelajaran, yaitu:
Ø
multimedia yang tepat untuk dikembangkan
a. Menyiapkan, Rancangan Program
Pembelajaran (RPP).
b. Tahapan Analisis, Setiap Kompetensi
Dasar Memiliki Karakteristik Tersendiri dalam Penyajiannya.
Ø
Kriteria Rancangan
Penerapan ilmu komposisi, mulai dari komposisi garis, bidang, arna,
tekstur, dimensi kedalaman), serta penentuan jenis font, penggarapan icon,
button, banner.
a. Tahapan Desain
Kemampuan estetika dalam tahapan desain sangat dominan,akan berdampak
kepada perwajahan dari media tersebut.
b. Tahapan Produksi
serta
pemilihan software yang tepat, pengembangan logika pemrograman, test dan
debugging, untuk menghasilkan pre master yang terus disempurnakan.(field
testing and revising), sebelum akhirnya dikemas secara utuh (packaging).
c. Tahapan
Implementasi
Dilakukan
ujicoba terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan revisi pada bahagian-bahagian
yang dirasa perlu, seperti trubleshooting, penulisan istilah,dan
sebagainya, sebelum diproduksi secara massal.
3. Aplikasi
Model Tutorial dalam Mengelola Kelas
1. Penyajian
Informasi (Presentation Of Information), model penyajian atau
presentasi, merupakan bentuk penyajian informasi/materi yang dibuat. Modelumum
biasanya menggunakan informasi visual.
2. Panjang teks
penyajian (length of text presentation), akan mempengaruhi kualitas
program yang dibuat. Setiap presentasi harus sesingkat mungkin untuk memberikan
tambahan frekuensi interaksi peserta didik,memperhatikan keseimbangan teks yang
disajikan dan kemampuan monitor untuk penyajiannya.
3. Grafik dan
animasi, pembuatan grafik dan animasi dalam program yang dibuat ditujukan untuk
memenuhi pemahaman peserta didik terhadap materi dan fokus informasi pada
materi yang disajikan
4. Warna dan
penggunaannya, warna yang sesuai sangat berhubungan dengan presentasi grafik
berguna untuk menarik perhatian dan memfokuskan peserta didik.
5. Penggunaan
petunjuk, untuk memandu peserta didik dan memberikan arahan tentang apa yang
harus dilakukan peserta didik.
6. Pertanyaan dan
Jawaban (Question Of Respones), pertanyaan dalam program tutorial
dimaksudkan agar peserta didik memperhatikan materi yang dipelajarinya
7. Penilaian Respon (Judging
Of Respones), merupakan proses mengevaluasi respon agar feedback dapat
diberikan peserta didik
8. Pemberian Balikan
(Providing Feedback About Respones), berfungsi untuk menginformasikan
respon peserta didik apakah tepat atau tidak.
9. Pengulangan (Remediation),
penyajian materi kembali bagi peserta didik yang belum memahami materi yang
dipelajarinya
10. Segmen Pengaturan
Pelajaran (Sequencing Lesson Segment), Program tutorial pada dasarnya
mengikuti pola pembelajaran berprogram tipe branching
11. Penutup (Closing),
penutupan pada tutorial dilengkapi dengan ringkasan tentang informasi
pembelajaran
4. Mengembangkan
Aplikasi Multimedia Berbasis Web
Menurut Smaldino, et al.(2011) World Wide Web atau lebih
dikenal dengan kata web, dimanfaatkan oleh dunia pendidikan dengan web
based learning merupakan jenis pembelajaran elektronik atau Electronic
Learning (elearning).
Karakteristik-karakteristik e-learning menurut
Wawan Laksito, 2015, adalah
1. Interactivity (interaktivitas),
tersedianya jalur komunikasi yang lebih banyak, baik langsung (synchronous),
seperti chatting atau messenger atau tidak langsung asynchronous),
seperti foru, mailing list atau buku tamu.
2. Independency (kemandirian),
fleksibilitas dalam aspek penyediaan waktu,tempat, pengajar dan bahan aja
3. Accessibility (Aksesibilitas),
sumber-sumber belajar menjadi lebih mudah di akses melalui pendistribusian
dijaringan internet dengan akses yang lebih luas daripada pendistribusian
sumber belajar konvensional
4. Enrichment (Pengayaan),
kegiatan pembelajaran, presentasi materi pelatihan sebagai pengayaan,
memungkinkan penggunaan perangkat teknologi informasi seperti video
streaming, simulasi, dan animasi
Contoh Pengaplikasian web media
Untuk mengaktifkan web media ini dilakukan dengan
cara berikut.
a) Klik Mozilla Firefox
b) Ketikkan IP Address/webmedia pada Address Bar
c). Tekan Enter, maka akan muncul tampilan Homepage web media
Melakukan Login, men-download materi dan mengikuti Quiz,
terlebih dahulu
harus login pada web media dengan cara berikut; (1) Arahkan
kursor ke bagian bawah Homepage, (2) Klik Log In Here, (3) Ketikkan nama
pada tab
Username sesuai perintah Password,
(4)Lalu klik Login
Tidak ada komentar:
Posting Komentar