Sabtu, 15 April 2017

RESUME MODUL G PEDAGOGIK KP.3








HAMBATAN DAN SOLUSI KOMUNIKASI EFEKTIF

Uraian Materi

Hambatan dan Solusi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran
Guru Juga Harus Mampu Berkomunikasi Secara Efektif, Empatik, Dan Santun Dengan Peserta Didik Dengan Bahasa Yang Khas Dalam Interaksi Kegiatan/Permainan Yang Mendidik Yang Terbangun Secara Siklikal Dari guru
a)      Penyiapan Kondisi Psikologis Peserta Didik Untuk Ambil Bagian Dalam Permainan Melalui Bujukan Dan Contoh
b)      Ajakan Kepada Peserta Didik Untuk Ambil Bagian
c)      Respons Peserta Didik Terhadap Ajakan Guru, Dan
d)     Reaksi Guru Terhadap Respons Peserta Didik, Dan Seterusnya

Secara umum hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi dapat berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal),yaitu :
1.     Hambatan internal, berasal dari diri peserta didik atau pembelajar itu sendiri. Dapat berupa hambatan psikologis (minat, sikap, pendapat, kepercayaan, intelegensi, pengetahuan, dll) dan hambatan fisik (kelelahan, sakit, keterbatasan daya indera, dan cacat tubuh).
2.     Hambatan eksternal, berasal dari lungkungan pembelajar. Dapat berupa hambatan kultural (adat-istiadat, kepercayaan, norma sosial, dan niali-nilai panutan) dan hambatan lingkungan (suasana yang panas, bising, dan berjubel).

Marhaeni Fajar mengklasifikasikan hambatan komunikasi sebagai berikut:
1.      Hambatan dari proses komunikasi
a)        Hambatan dari pengirim pesan
b)        Hambatan dalam penyandian atau symbol,
c)        Hambatan media,
d)        Hambatan dari penerima pesan
e)        Hambatan dalam memberikan balikan
2.      Hambatan fisik
a)        Gangguan kesehatan
b)       Gangguan pada alat-alat komunikasi dan jaringan listrik
3.      Hambatan semantic
Kata-kata yang digunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yag berbeda, tidak jelas, atau berbelit-belit antara komunikator dengan komunikan.
4.      Hambatan psikologis
Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi. Misalkan, dalam musibah, menimbulkan trauma yang sangat tinggi pada korbannya, sehingga pada saat diajak komunikasi menjadi tidak nyambung.
 
Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton, hambatan-hambatan yang menyebabkan komunikasi tidak efektif yaitu:
1.       Semantic Problems
Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaannya kepada komunikan.

2.       Perceptual distorsion
Perceptual distorsion dapat disebabkan karena perbedaan cara pandang yang sempit pada diri sendiri dan perbedaaan cara berpikir serta cara mengerti yang sempit terhadap orang lain.

3.       Cultural Differences
Hambatan yang terjadi karena disebabkan adanya perbedaan kebudayaan, agama, dan lingkungan social

4.       Physical Distractions
Hambatan ini disebabkan oleh gangguan lingkungan fisik terhadap proses berlangsungnya komunikasi. Contohnya : suara riuh orang-orang atau kebisingan, kelas yang berjubel,

5.       Poor choice of communication channels
Adalah gangguan yang disebabkan pada media yang dipergunakan dalam melancarkan komunikasi. Contoh dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: sambungan telepon yang terputus-putus

6.       No Feed back
Hambatan tersebut adalah ketika seorang sender mengirimkan pesan kepada receiver tetapi tidak ada respon dan tanggapan dari receiver



Tidak ada komentar:

Posting Komentar