HAMBATAN DAN SOLUSI KOMUNIKASI EFEKTIF
Uraian Materi
Hambatan dan Solusi Komunikasi
Efektif dalam Pembelajaran
Guru Juga Harus Mampu Berkomunikasi Secara Efektif,
Empatik, Dan Santun Dengan Peserta Didik Dengan Bahasa Yang Khas Dalam
Interaksi Kegiatan/Permainan Yang Mendidik Yang Terbangun Secara Siklikal Dari
guru
a) Penyiapan
Kondisi Psikologis Peserta Didik Untuk Ambil Bagian Dalam Permainan Melalui
Bujukan Dan Contoh
b) Ajakan Kepada
Peserta Didik Untuk Ambil Bagian
c) Respons
Peserta Didik Terhadap Ajakan Guru, Dan
d) Reaksi Guru
Terhadap Respons Peserta Didik, Dan Seterusnya
Secara umum hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi dapat
berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal),yaitu :
1. Hambatan
internal, berasal dari diri peserta didik atau pembelajar itu sendiri. Dapat
berupa hambatan psikologis (minat, sikap, pendapat, kepercayaan, intelegensi,
pengetahuan, dll) dan hambatan fisik (kelelahan, sakit, keterbatasan daya
indera, dan cacat tubuh).
2. Hambatan
eksternal, berasal dari lungkungan pembelajar. Dapat berupa hambatan kultural
(adat-istiadat, kepercayaan, norma sosial, dan niali-nilai panutan) dan
hambatan lingkungan (suasana yang panas, bising, dan berjubel).
Marhaeni Fajar mengklasifikasikan hambatan komunikasi sebagai
berikut:
1.
Hambatan dari
proses komunikasi
a)
Hambatan dari pengirim pesan
b)
Hambatan dalam penyandian atau symbol,
c)
Hambatan media,
d)
Hambatan dari penerima pesan
e)
Hambatan dalam memberikan balikan
2.
Hambatan
fisik
a)
Gangguan kesehatan
b)
Gangguan pada alat-alat komunikasi dan jaringan
listrik
3.
Hambatan semantic
Kata-kata
yang digunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yag
berbeda, tidak jelas, atau berbelit-belit antara komunikator dengan komunikan.
4.
Hambatan
psikologis
Hambatan
psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi. Misalkan, dalam
musibah, menimbulkan trauma yang sangat tinggi pada korbannya, sehingga pada
saat diajak komunikasi menjadi tidak nyambung.
Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton, hambatan-hambatan yang menyebabkan
komunikasi tidak efektif yaitu:
1.
Semantic
Problems
Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan
komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaannya kepada komunikan.
2.
Perceptual
distorsion
Perceptual distorsion dapat
disebabkan karena perbedaan cara pandang yang sempit pada diri sendiri dan
perbedaaan cara berpikir serta cara mengerti yang sempit terhadap orang lain.
3.
Cultural
Differences
Hambatan yang terjadi karena disebabkan adanya
perbedaan kebudayaan, agama, dan lingkungan social
4.
Physical
Distractions
Hambatan ini disebabkan oleh gangguan lingkungan
fisik terhadap proses berlangsungnya komunikasi. Contohnya : suara riuh
orang-orang atau kebisingan, kelas yang berjubel,
5.
Poor choice
of communication channels
Adalah gangguan yang disebabkan pada media yang
dipergunakan dalam melancarkan komunikasi. Contoh dalam kehidupan sehari-hari,
misalnya: sambungan telepon yang terputus-putus
6.
No Feed back
Hambatan tersebut adalah ketika seorang sender
mengirimkan pesan kepada receiver tetapi tidak ada respon dan tanggapan dari
receiver
Tidak ada komentar:
Posting Komentar