Sabtu, 15 April 2017

RESUME MODUL F PEDAGOGIK KP.3




PENGINTEGRASIAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

Uraian Materi

Pengintegrasian TIK Dalam Rancangan Pembelajaran
Secara empiris dampak dari pengintegrasian pembelajaran berbasis TIK memberi hasil yang optimal, jika didesain dengan baik untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Pembelajaran berbasis TIK irancang dengan beberapa pertimbangan berikut
a.    Kolaboratif; pembelajaran bersifat sosial, yang dapat dilakukan dengan menciptakan pembelajaran berkelompok
b.    Bermain sambil belajar, merupakan cara terbaik untuk memulai belajar dengan engintegrasikan pembelajaran berbasis TIK
c.     Menyediakan banyak pilihan, dengan mendesain gaya belajar melalui program komputer, menyediakan banyak pilihan seperti pemilihan warna, materi, pemberian suara dengan menggabungkan berbagai unsur sehingga didapat berbagai gaya belajar.
d.  Pembuatan program pembelajaran, berdasarkan hasil pengalaman atau berdasarkan hasil penelitian, melalui rangcangn pembelajaran berbantuan komputer yang melibatkan interaksi social.

Model integrasi TIK dalam pembelajaran memiliki dua dimensi: 1) teknologi, dan 2) pedagogi.


Pada kedua dimensi teknologi dan pedagogi, terdapat empat tahapan model integrasi TIK pada sistem pendidikan dan sekolah, (tahapan kontinum) UNESCO (2011), yaitu;
(1) Emerging, jika sekolah baru saja mulai memperkenalkan komputer, karena perangkat TIK baru mulai dilengkapi. Guru baru mulai menggali potensi TIK untuk manajemen sekolah dan untuk pembelajaran.
(2) Applying, jika guru mulai mengadaptasi kurikulum dalam meningkatkan penggunaan TIK pada mata pelajaran dan menerapkan perangkat lunak tertentu.
(3) Infusing, jika guru dalam profesionalitasnya meningkatkan pembelajaran peserta didik dan pengelolaan pembelajaran.
(4) Transforming, jika guru sudah mempunyai rasa percaya diri dalam menggunakan TIK secara rutin dalam pembelajaran pada semua kelas.

Wina Sanjaya, (2009:122) yang mengemukakan bahwa segala sesuatu yang dilakukan dalam proses pembelajaran hendaknya diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Jadi mendesain pembelajaran adalah proses yang menentukan tujuan pembelajaran untuk merancang metode/strategi yang dapat digunakan dalam efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran.
TIK mempunyai kemampuan teknologi yang memungkinkan pertukaran  informasi dan berkomunikasi dengan orang lain, dengan perangkat dan fungsi untuk capturing (menangkap), interpreting (menafsirkan), storing (menyimpan), dan transmitting (mengirimkan)

Dalam mengintegrasikan pembelajaran perlu pengetahuan fungsi teknologi yang memilliki fungsi utama dalam kegiatan pembelajaran, yaitu
1)   Teknologi Berfungsi Sebagai Alat (Tools), Dalam Hal Ini TIK Digunakan Sebagai Alat Bantu Bagi Peserta Didik Untuk Membantu Pembelajaran, Misalnya Dalam Mengolah Kata, Mengolah Angka, Membuat Unsur Grafis, Dll
2)   Teknologi Berfungsi Sebagai Ilmu Pengetahuan (Science). Dalam Hal Ini Teknologi Sebagai Bagian Dari Disiplin Ilmu Yang Harus Dikuasai.
3)   Teknologi Berfungsi Sebagai Bahan Untuk Pembelajaran (Literacy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar