RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN BERBASIS TIK
MATERI
Ruang Lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Menurut Pusat Kurikulum Indonesia (2008), Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT)
mencakup dua aspek kata yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi informasi berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan
informasi, sedangkan teknologi
komunikasi berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima
Gatot Pramono (2008: 3) memberikan
batasan istilah yang spesifik bagi suatu paket pembelajaran berbasis komputer
adalah CAI, CAL (Computer Assisted Learning) atau CBL (Computer
Based Learning).
Beberapa keuntungan pemanfaatan
komputer dalam pembelajaran menurut,Roblyer & Edward, (2000; 13);
Mappalotteng, A.M. (2011:10):
1)
Motivasi dapat meningkatkan perhatian
pembelajar, melibatkan pembelajaran menghasilkan
pekerjaan dan meningkatkan kontrol belajar
2)
Dukungan terhadap pendekatan pengajaran baru
yakni kooperatif, share intellegence, problem solving, kecakapan intelektual
tingkat tinggi
3)
Kapabilitas pengajaran (instructional) dapat
menghubungkan pembelajar pada sumber informasi, menolong pembelajar
4)
memvisualisasi masalah dan persoalan, pelacakan
perkembangan belajar, menghubungkan pembelajar pada learning tools
5)
Peningkatan produktivitas pengajar, pengajar
memiliki waktu luang dalam pembelajar sebagai fasilitator, menyediakan
informasi yang lebih akurat dan cepat, memberi kesempatan pengajar untuk
memproduksi bahan pengajaran menjadi lebih menarik dan student-friendly secara lebih
cepat
6)
5.Membantu melatih kecakapan yang dibutuhkan
dalam era teknologi informasi antara
lain untuk melek teknologi, informasi dan visual.
Berdasarkan fungsi teknologi, perangkat komputer dapat
dikelompokkan
menjadi 2 bagian yaitu
1.
Perangkat keras (Hardware); Peralatan-peralatan yang bersifat
fisik seperti memory, printer dan keyboard.
2.
Perangkat lunak (Software) :
a.
Instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai
dengan tujuan instruksi.
b.
Terdiri dari Software sistem dan Software aplikasi.
c.
Software sistem: Sistem Operasional dan Program Utilitas
d.
Software Aplikasi: Dirancang untuk menyelesaikan aplikasi
Komponen
Perangkat Lunak
a. Sisitem Operasi : DOS,
Windows 9x, 2000, ME, XP, Linux,dll
b. Program Utilitas
:Ms. Word, Ms.Excel, Winamp, Adobe, Corel Draw, dll
c. Sofware Aplikasi
:Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
Software
sistem adalah perangkat lunak yang
berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras komputer, perawatan,
maupun pemrogramannya.
Software
Word Processor (pengolah kata) adalah suatu
program pengolah dokumen berisi teks dan gambar, memiliki keistimewaan dalam,
penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan
dan pencetakan.
Software
Aplikasi yang membantu pengguna untuk
menyelesaikan tugastugas, sudah tersedia dalam bentuk paket-paket program,
seperti Microsoft Office Word, Excel,Winamp, Adobe, Corel Draw,
dll
Secara sistem komputer terdiri dari tiga perangkat
komponen dasar, yaitu :
1) Perangkat keras adalah komponen fisik sistem komputer terdiri atas :
a. Piranti Masukan (Input
Device); peralatan yang digunakan untuk
memasukkan data ke
komputer. Contoh : Keyboard dan Scanner.Piranti Pengolah (Central
Processing Unit =CPU); CPU terdiri dari ALU (Arithmetic Logic Unit)
dan Control Unit berfungsi sebagai otak system komputer yang melakukan
pemprosesan aritmatika dan logika serta pengolahan data menjadi informasi.
b. Piranti Keluaran (Output
Device); berfungsi sebagai media computer untuk menampilkan informasi hasil
olahan komputer. Contoh : Monitor, Printer, Plotter, Speaker, Modem, dll.
c. Penyimpan
Cadangan/Backing Storage (Storage Device); berfungsi untuk
d. menyimpan
informasi non aktif di dalam komputer. Contoh : Harddisk, Floppy (CD-ROM, CD-R,
CD-RW,dll).
2) Perangkat lunak dapat
diklasifikasikan sebagai berikut :
a. Sistem Operasi,
adalah bagian perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan
antarmuka dengan dengan pengguna. Contoh : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai
generasi), Macintosh (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai
distribusi), dll
b. Program Utilitas,
adalah program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer,seperti anti virus,
partisi, manajemen hardisk, dll. Contoh: Norton Utilities, PartitionMagic dll
c. Software
Aplikasi, adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi,
aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
d. Program Paket, merupakan
program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, Contoh : (a) Presentasi : MS
Powerpoint, dll; (b) Desain grafis : Coreldraw, Photoshop, dll; (c) Pengolah
kata/editor ; Wordstar, MS Word, Word Perfect, Amipro, dll; (d) Pengolah
angka/lembar kerja :Lotus123, MS Excell, dll
3) Manusia (Brainware), peran manusia dalam sistem komputer,
diantaranya adalah;
a.
Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang
pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b.
Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat kedalam bahasa
pemrograman hingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
c.
Teknisi, Operator, bertugas merakit dan menjalankan computer berdasarkan
instruksi yang diberikan. Pemanfaatan Komputer untuk desain materi pembelajaran
dikembangkan
berdasarkan
teori kognitif dan teori pembelajaran Adaptive Learning Theory,Preferred
Modality Theory dan Cognitive Flexibility Theory
Tidak ada komentar:
Posting Komentar