Sabtu, 15 April 2017

RESUME MODUL F PEDAGOGIK KP.1




RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

MATERI

Ruang Lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi
Menurut Pusat Kurikulum Indonesia (2008), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) mencakup dua aspek kata yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi informasi berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan informasi,  sedangkan teknologi komunikasi berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima
Gatot Pramono (2008: 3) memberikan batasan istilah yang spesifik bagi suatu paket pembelajaran berbasis komputer adalah CAI, CAL (Computer Assisted Learning) atau CBL (Computer Based Learning).

Beberapa keuntungan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran menurut,Roblyer & Edward, (2000; 13); Mappalotteng, A.M. (2011:10):
1)        Motivasi dapat meningkatkan perhatian pembelajar, melibatkan pembelajaran    menghasilkan pekerjaan dan meningkatkan kontrol belajar
2)         Dukungan terhadap pendekatan pengajaran baru yakni kooperatif, share intellegence, problem solving, kecakapan intelektual tingkat tinggi
3)        Kapabilitas pengajaran (instructional) dapat menghubungkan pembelajar pada sumber informasi, menolong pembelajar
4)        memvisualisasi masalah dan persoalan, pelacakan perkembangan belajar, menghubungkan pembelajar pada learning tools
5)        Peningkatan produktivitas pengajar, pengajar memiliki waktu luang dalam pembelajar sebagai fasilitator, menyediakan informasi yang lebih akurat dan cepat, memberi kesempatan pengajar untuk memproduksi bahan pengajaran menjadi lebih menarik dan student-friendly secara lebih cepat
6)        5.Membantu melatih kecakapan yang dibutuhkan dalam era teknologi     informasi antara lain untuk melek teknologi, informasi dan visual.

Berdasarkan fungsi teknologi, perangkat komputer dapat dikelompokkan
menjadi 2 bagian yaitu
1.        Perangkat keras (Hardware); Peralatan-peralatan yang bersifat fisik seperti memory, printer dan keyboard.
2.        Perangkat lunak (Software) :
a.         Instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi.
b.        Terdiri dari Software sistem dan Software aplikasi.
c.         Software sistem: Sistem Operasional dan Program Utilitas
d.        Software Aplikasi: Dirancang untuk menyelesaikan aplikasi
Komponen Perangkat Lunak
a.       Sisitem Operasi : DOS, Windows 9x, 2000, ME, XP, Linux,dll
b.      Program Utilitas :Ms. Word, Ms.Excel, Winamp, Adobe, Corel Draw, dll
c.       Sofware Aplikasi :Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
Software sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras komputer, perawatan, maupun pemrogramannya.

Software Word Processor (pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar, memiliki keistimewaan dalam, penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.
Software Aplikasi yang membantu pengguna untuk menyelesaikan tugastugas, sudah tersedia dalam bentuk paket-paket program, seperti Microsoft Office Word, Excel,Winamp, Adobe, Corel Draw, dll

Secara sistem komputer terdiri dari tiga perangkat komponen dasar, yaitu :
1)   Perangkat keras adalah komponen fisik sistem komputer terdiri atas :
a.       Piranti Masukan (Input Device); peralatan yang digunakan untuk
memasukkan data ke komputer. Contoh : Keyboard dan Scanner.Piranti Pengolah (Central Processing Unit =CPU); CPU terdiri dari ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit berfungsi sebagai otak system komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengolahan data menjadi informasi.
b.      Piranti Keluaran (Output Device); berfungsi sebagai media computer untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer. Contoh : Monitor, Printer, Plotter, Speaker, Modem, dll.
c.       Penyimpan Cadangan/Backing Storage (Storage Device); berfungsi untuk
d.      menyimpan informasi non aktif di dalam komputer. Contoh : Harddisk, Floppy (CD-ROM, CD-R, CD-RW,dll).

2) Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a.    Sistem Operasi, adalah bagian perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan dengan pengguna. Contoh : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), dll
b.    Program Utilitas, adalah program khusus yang berfungsi sebagai perangkat   pemeliharaan komputer,seperti anti virus, partisi, manajemen hardisk, dll. Contoh: Norton Utilities, PartitionMagic dll
c. Software Aplikasi, adalah program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan    spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
d. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, Contoh : (a) Presentasi : MS Powerpoint, dll; (b) Desain grafis : Coreldraw, Photoshop, dll; (c) Pengolah kata/editor ; Wordstar, MS Word, Word Perfect, Amipro, dll; (d) Pengolah angka/lembar kerja :Lotus123, MS Excell, dll

3)   Manusia (Brainware), peran manusia dalam sistem komputer, diantaranya adalah;
a.         Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b.        Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat kedalam bahasa pemrograman hingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
c.         Teknisi, Operator, bertugas merakit dan menjalankan computer berdasarkan instruksi yang diberikan. Pemanfaatan Komputer untuk desain materi pembelajaran dikembangkan
berdasarkan teori kognitif dan teori pembelajaran Adaptive Learning Theory,Preferred Modality Theory dan Cognitive Flexibility Theory

Tidak ada komentar:

Posting Komentar